Halaman Depan

BPKB motor baru? Tidak Lebih 3 Minggu




Setiap pembelian motor baru, yang paling ditunggu tentu saja BPKB alias Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB ini bukti kepemilikan sah sebuah kendaraan bermotor.

Yang jadi persoalan terkadang pihak penjual atau dealer suka berlama-lama dalam memproses pembuatan BPKB ini. Ada yang menjanjikan waktu bahkan sampai 3 bulan. Sebenarnya bagaimaan sih proses pembuatan sebuah BPKB motor baru? Dan berapa lama proses ini bisa dilakukan?

Paur Regident, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Petrus mengatakan di kepolisian sendiri untuk proses ini tidak lama sampai berbulan-bulan. “Setelah berkas lengkap yang terdiri dari faktur pabrikan dan KTP pemiliknya,” ungkap polisi ramah di kantornya ini.

Menurut Petrus lagi, ketika seseorang konsumen membeli sebuah motor, hari itu terjadi transaksi dan ia menyerahkan semua dokumen yang diperlukan untuk pengurusan BPKB.

Maka, pihak dealer akan meminta faktur ke pabrik. “Kalau proses ini cepat bisa 2 hari faktur itu berada di tangan dealer,” jelasnya.

Lantas dari dealer biasanya akan diserahkan pengurusannya oleh pihak biro jasa yang ditunjuk langsung oleh dealer.

“Nah, setelah itu baru faktur sampai ke kami. Kalau di kepolisian sendiri setelah berkas lengkap dan membayar sesuai dengan Tiningketentuan paling tidak memakan waktu seminggu. Apalagi untuk merek Honda, Yamaha dan Suzuki kami telah memiliki sistem barcode yang memudahkan untuk proses pembuatan,” jelasnya.

Ia menduga, lamanya BPKB sampai di tangan konsumen bisa jadi disebabkan beberapa hal. “Pertama, lama proses di dealer atau pihak biro jasa yang tidak segera mengambil berkas yang telah jadi. Sehingga sampai di konsumen jadi berbulan-bulan,” paparnya.

Pihak Ditlantas sendiri telah memiliki sebuah sistem multimedia di ruangan pembuatan BPKB berupa komputer. Mesin pintar ini dipasang di lobi gedung Ditlantas Polda bertujuan memberikan informasi menu mengenai aneka proses permohonan penerbitan BPKB di antaranya, pembuatan BPKB baru, BPKB Pemblokiran, BPKB Mutasi dan sebagainya.

Dengan kelengkapan itu warga DKI Jakarta diharap tidak kesulitan dan waktu lama dalam proses pembuatan BPKB. Juga akan terhindar penyerahan pengurusan BPKB ke pihak ketiga atu calo. Fasilitas komputer lain, ada info seputar pelayanan BPKB yang dikemas dalam bentuk multimedia. Isinya mengenai tahapan untuk mereka yang belum tahu tentang proses pembuatan BPKB.

16 komentar:

  1. terima ksih infonya
    ini motor adik saya dijanjikan jadi BPKBnya oleh dealer honda: sumber harapan...motor di badranasri karanganyar jateng, kok lama 6 bulan lagi...

    BalasHapus
  2. That is a great tip particularly to those new to the
    blogosphere. Short but very accurate info… Many
    thanks for sharing this one. A must read post!

    My web site; web site

    BalasHapus
  3. Sy bli xenia attivo di armada auto tara kalimalang bulan januari....stnk keluar tgl 2 pebruari 2013....sampai sekarang bpkb belum juga kelar...............weleh....weleh......apa mungkin ada penyalahgunakan bpkb....dimn menurut info pengurusan bpkb tidak lebih dari 2 minggu......

    BalasHapus
  4. Hey I am so happy I found your blog, I really
    found you by accident, while I was looking on Yahoo for something else,
    Regardless I am here now and would just like to say thanks for a fantastic post and a all round exciting blog
    (I also love the theme/design), I don't have time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the awesome work.

    my web blog; server for cardsharing

    BalasHapus
  5. Saya baru membeli motor kawasaki ninja150 .. Dijanjikan oleh pihak dealer bpkb 4bln dgn alasan krn ketiadaan buku BPKB di samsat .. Entah benar atau tidak , mohon pencerahan

    BalasHapus
  6. Giliran komplain gak masuk

    BalasHapus
  7. sy ricky, pada bulan oktober 2013 sy beli motor baru ces di daeler sekawan sampai sekaran bpkb nya blm ada , katanya belum keluar dari samsat minut yang sy mau pertanyakan apa proses pembuatan bpkb ,makan waktu lama....

    BalasHapus
  8. Kl ga mikir panjang da gw pecahin kepala yg mimpin deler kawasaki babat toman muba.. gw merasa di permainkan masalah BPKB

    BalasHapus
  9. Semua akan indah pada waktunya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Gan, sbln sdh sy beli mtr honda genio di sorum di kaeasan cililin bandung barat.stnk/plat nomer udah dtng kmarin, nah bpkb nya 4bln lgi beres, selama itukah gan?

    BalasHapus